News

  • Jokowi-Ahok, Serupa Tapi Tak Sama

    16 April 2020
    Serupa tapi tak sama, itulah cara Basuki Tjahaja Purnama menggambarkan kedekatannya dengan sang pasangan, Joko Widodo. Menurut Ahok, walaupun secara fisik dan pembawaan berbeda, keduanya ternyata memiliki banyak kesamaan.

    "Yang pertama dari segi pilihan baju. Kami sama-sama suka pakai kemeja kotak-kotak dari dulu. Lalu jeans, jenis baju yang santai saja," kata Ahok.

    Selain soal gaya busana, Ahok mengaku memiliki banyak kesamaan dengan Jokowi dalam hal selera makan. Jenis makanan yang digemari keduanya ternyata banyak yang sama. "Lucunya, kami punya selera makanan yang sama, pisang. Lalu, es dawet waktu saya diajak ke Solo, enak sekali itu. Biskuit Regal ini juga," kata Ahok sambil menyantap biskuit di mobilnya pada Tempo.

    Ketika Tempo menumpang di mobil Ahok, di bagian belakang mobil beberapa bungkus biskuit Marie Regal terpampang jelas. Pemandangan serupa juga ditemui Tempo ketika mengunjungi kediaman sementara Jokowi selama di Jakarta, yaitu di Pasar Minggu.

    Menurut Ahok, hanya ada satu perbedaan besar soal makanan antara dirinya dan Jokowi. "Selera makan memang sama. Bedanya cuma satu, mas Jokowi tahan tidak makan-makan seharian. Kalau saya mana tahan. Makan pisang dia tahan sampai sore, kalau saya malah lapar," katanya.

    Ahok mengakui dirinya memang lebih berapi-api sementara Jokowi lebih kalem dan tenang. Sikap tenang inilah yang seringkali meredam Ahok. Menurut ayah tiga anak ini, Jokowi kadang terlalu humble. Sikap ini sungguh sangat bertentangan dengan dirinya yang suka menunjukkan pencapaian atau prestasi. "Saya itu kagum dengan beliau, terlalu humble. Beda sekali dengan saya, mungkin karena beda kultur juga," katanya.

    Tapi, walau berbeda soal pembawaan, Ahok mengakui memiliki satu persamaan sikap dengan Jokowi. "Kami sama-sama keras, mau seperti apa juga tidak bisa diubah," katanya. Selain memiliki watak keras, Ahok juga mengaku dirinya memiliki kesamaan dalam hal disiplin. Disiplin inilah yang selalu ditanamkan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

    Sumber berita : https://m.tempo.co/amp/416715/jokowi-ahok-serupa-tapi-tak-sama